PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memiliki potensi yang sangat <br>besar sebagai sarana atau alat untuk mendukung proses pembelajaran. <br>Oleh karena itu, dalam pendidikan abad 21, guru dituntut untuk mampu <br>mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran

Posted August 8,2019 in PEMBELAJARAN SD.

Admin
42 Followers 15 Viewers

PENGINTEGRASIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

 

Perlengkapan TIK berupa CD/VCD, perangkat komputer, papan tulis interaktif, jaringan internet, laptop, tablet, dan smartphones sekarang merupakan bagian dari pembelajaran di kelas (ditampilkan gambargambar peralatan TIK). Hal ini juga diiringi dengan perkembangan media yang beragam misalnya beragamnya buku elektronik/digital, media audio, video, animasi, simulasi, bahan presentasi, permainan dalam jaringan, media augmented reality dan media lainnya. Seorang guru harus mampu melakukan identifikasi dan memilih peralatan serta media berbasis TIK yang tepat untuk pembelajaran di kelas, untuk kemudian mengintegrasikan TIK dalam rancangan pembelajannya.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah teknologi yang berkembang sangat pesat di dunia saat ini. Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Jika Anda membayangkan keadaan kelas saat Anda belajar dahulu, mungkin yang ada di kelas Anda hanya terdapat papan tulis dan kapur tulisnya, dan buku teks saja. Sekarang, coba Anda rasakan perkembangan teknologi yang mendukung pembelajaran saat ini, apakah masih sama dengan yang dulu? Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah sekolah dan ruang kelas. Perlengkapan CD/VCD, perangkat komputer, papan tulis interaktif, jaringan internet, laptop, tablet, dan smartphones sekarang merupakan bagian dari pembelajaran di kelas. Hal ini juga diiringi dengan perkembangan media yang beragam misalnya beragamnya buku elektronik/digital, media audio, video, animasi, simulasi, bahan presentasi, permainan dalam jaringan, media augmented reality dan media lainnya.

Channel LinkBelajar
Tagline: belajarUMUM,
Admin Articles

Baca selanjutnya,..

PEMBELAJARAN SD
August 8, 2019 | 31 Viewers

PEMBELAJARAN SD
August 8, 2019 | 35 Viewers

August 8, 2019 | 12 Viewers

Pembelajaran Umum
August 8, 2019 | 19 Viewers

PEMBELAJARAN SD
May 5, 2020 | 26 Viewers